Saturday, August 6, 2016

Marhaban ya Ramadhan....,

# 3 Juni 2016....,
Mendekati H-3 masuki Ramadhan, lagi-lagi pagi itu saya harus gegas bangun. Ternyata Gingga ada jadwal ikut pawai penyambutan datangnya Ramadhan. Padahal semalam agak larut baru tidur. Repotnya gak dari semalam informasi ini saya terima. Jadi persiapan diri dadakan... apalagi ternyata pihak sekolah tidak menyertakan semua anak didik-nya ikutan. Hanya kelas 5.
Mau gak mau ya harus sigap. Meski masih digayuti kantuk. Tugas pengawalan itu sudah jadi porsi wajib :). Tiba Islamic Centre barisan pawai sudah bergerak menyusuri 1 blok rute dekat. Bergumam takbir dan lantun puji-pujian. kemeriahan apalagi... selain bisa larut pada ritmik religi sholawat badar.
Dari lintas Pejanggik.. berbelok kanan Taman Sankareang...lalu menyusuri CaturWarga..Pendidikan..belok lagi Anyelir. Berteduh jenak di masjid At-Taqwa.
Ini-pun sempat saya ikutan jepret momen Akad Nikah sepasang pengantin di dalam Masjid. Marhaban... marhaban...selamat datang bulan penuh kemuliaan.

(kutipan FB)
Pawai Jumat pagi...,
Kelabakan...mata masih ngantuk akibat efek begadang. dan pagi-nya kudu ngawal gingga ikutan pawai menyambut tiba Ramadhan. Sudah mlenceng dikit dari baiat jadwal himpun. Imbauan afiliasi madrasah sekota Mataram. Kerumunan kabilah itu sudah mengular panjang pas kami tiba. Pak Gub, berada di lokomotif baris depan.Ya, sudahlah, larut saya dalam iringan kabilah ini..melakukan 'thawaf' di sekian square bilangan komplek. menyemut lintas aspal. Kusut...layu. Tapi sekalian anggap bina fisik sambil njepret sana-sini.
Dan ini belum seberapa makan jarak tempuh. Bila terkenang momen survey 2006..10 tahun lalu di Sempadan Cisanggarung. Perbatasan Brebes dan Cirebon (jateng-Jabar). Survey ndompleng 'sopek' hingga ujung muara. Mencatat serangkaian data petani tambak. Dan saat balik hulu sungai..sopek ngadat karena pendangkalan air. momen alih surut terendah. Ber-3 kami jalan kaki menyusur pematang DAS. Juaaaaah pokoknya! Kalaupun teralih.. karena saya menkmati suguhan view of river side. Pusat pengolahan srimping...bahan bakal ornamen hias tematik kerang. Atau kandang para peternak Tongki lokalan. Setibanya 'pit-stop' hulu...kami rehat ngupi. Sambil tunggu jemputan mas ">Hermawan Budiyanto dari Semarang. Ada lagi suguhan momen kirab pasukan menyambut puasa, sore kala itu. Sinergi waktu, bumbu-bumbu visual yang sama.. dulu-kini. 2006-2016. Marhaban ya Ramadhan....,














No comments: