Saturday, October 20, 2012

manusia Sungai

Berkali kesempatan acap saya masih di bikin penasaran terhadap aktivitas tema sungai. Entah berangkat dari ketertarikan apa. Belum nemu jawaban!
Entah dari sekedar touring ala kadar, tetap saja saban lewati sebuah jembatan pasti ada keinginan berhenti. Melongok kiri-kanan. Sekedar mencari bahan visual apa yang bisa beri inspirasi menggugah. Oleh-oleh visual yang bisa dibawa pulang. Bisa jadi ini mulai terjangkiti sejak saya sering intim dengan observasi di sekitar kali Jangkuk.

Pemikiran sederhana. Sebab dari sungai semua zona dan kantung-kantung wilayah terhubung. Semacam sinergi upline-downline.  Gradasi petak lahan, bahan dari dusun kecil.. desa hingga kota. arus ujung Urban sekitar pesisir, dimana semua hal bermuara.

Dan itu selalu kaitkan tanya dan courista. KeinginTahuan yang beranak-pinak. Tentang dan perihal kandungan kisah yang di miliki. Sungai.. jembatan dan  aktivitas sinergi manusia-nya. Kenapa harus ada genangan subsidi sampah.... dan apa cuma bisanya sampah??? Apa gak ada tema selain sampah... banjir limbah un-organik. Kiriman dari atas sana... prilaku yang kerap dianggap sebagai karakter limbah. Kenapa Sungai harus dibebani dengan TPA (Tempat Pembuangan Akhir)... Padahal secara fisik masih bisa di manfaatkan lebih intensif dan lestari.











No comments: